Kesekretariatan

ASMI Citra Nusantara di Banjarmasin

VISI

Menjadi Program Studi yang unggul dibidang pengembangan keahlian kesekretariatan di Indonesia pada tahun 2032

MISI

  1. Mengembangkan manajemen pendidikan dan pengajaran di bidang keahlian kesekretariatan yang berlandaskan kompetensi secara efektif dan efisien
  2. Mengembangkan kurikulum yang relavan dengan keilmuan kesekretariatan yang didukung oleh moralitas yang berkarakter, dan profesionalisme.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang keahlian kesekretariatan melalui penelitian untk keperluan dunia kerja
  4. Mengembangkan dan memanfaatkan ipteks yang relavan dengan pengembangan dunia kerja.
  5. Megembangkan kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Sasaran Pendidikan

Program ini didesain khusus untuk mengantisipasi kebutuhan sekretaris di era global yang Cerdas, Cekatan, Cermat, memiliki etika yang tinggi dan berwawasan internasional. Dengan Kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, seperti : kemampuan dwi bahasa, mengoperasikan peralatan kantor modern dan perangkat lunak komputer mutakhir, korespondensi bisnis, berkomunikasi efektif, serta pemahamannya akan ilmu-ilmu manajemen, membuat lulusan program ini memliki daya saing yang tinggi di pasar kerja. Pada akhirnya, semua lulusan ASMI Banjarmasin akan dapat memperoleh gelar Ahli Madya (Amd) sesuai bidangnya.

Kemampuan memadukan keterampilan di bidang bahasa Inggris, keuangan, computer, Perdagangan Internasional dan manajemen merupakan keistimewaan dari program ini. Di tambah lagi dengan penanaman jiwa Entrepreneurship yang telah dibekali dengan teknik menjual secara professional dengan presentasi dan negoisasi serta sales & marketing management, membuat lulusan program ini diharapkan dapat menjadi administrator bisnis yang ulung dan memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk tingkat middle management serta menjadi innovator pengembangan perusahaan

Standar Kemampuan Lulusan

  1. Mampu mengadministrasikan dokumen kantor, membuat berbagai macam surat dalam bahas Inggris, layout ruangan dan efisien pekerjaan-pekerjaan kantor.
  2. Tingkat kecermatan menyimpan dokumen 95% dengan 5 sistem penyimpanan sampai keepada penyusutan dan pemusnahan arsip.
  3. Kecepatan mengetik 200 EPM dengan sepuluh jari dan blind system.
  4. Menguasai masalah ketenagakerjaan dalam perusahaan baik secara intern maupun ekstern, mulai dari recruitment, penempatan, kompensasi dan perhitungannya, JAMSOSTEK, UU Tenaga Kerja Tahun 2003 sampai PHK dan Pensiun.
  5. Menguasai masalah prosedur dan aplikasi perdagangan internasional serta masalah pasar modal
  6. Mampu mengoperasikan Ms. Office secara integrasi dengan Ms. Access, serta mengadministrasikan dokumen dengan fasilitas komputer.
  7. Skor TOEIC 300 untuk Junior dan 450 untuk Senior serta TOEIC 400 untuk Junior dan 600 untuk Senior.
  8. Menguasai Prosedur Export – Import Letter of credit, cara Pembayaran, dokumen –dokumen peraturan dan Tarif kepabeanan ,Sistem Administrasi & dokumen Shipping, prosedur dan perhitungan Asuransi , serta perbankan dan Marketing Export –Import
  9. Menguasi Masalah pemasaran dan teknik presentasi negosiasi serta masalah yang berhubungan dengan etika bisnis
  10. Mampu membuat surat Proposal Bisnis baik dalam bahasa indonesia maupun dalam bahasa inggris serta mampu mengadministrasikanya.
  11. Mampu mengelola keuangan dan perpajakan dalam perusahaan secara efektif
  12. Mampu membuat laporan keuangan baik komresial maupun Fiskal
  13. Mampu mengoperasikan Komputer Terapan dan merancang system pemasaran dalam sebuah perusahaan dengan DATABASE ( MS.ACCESS)
  14. Mampu Mengembangkan Kreatifitas dalam mendeteksi peluang pasar dan menyusun rencana yang dapat diajukan kepada mitra pemodal atau perbankan dan lembaga keuangan lainnya.
  15. Mampu berkomunikasi secara aktif dalam bahasa inggris dan satu bahasa lainnya, seperti bahasa mandarin.