3 Keistimewaan Pendidikan Vokasi

ASMI Citra Nusantara di Banjarmasin

3 Keistimewaan Pendidikan Vokasi

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda saat memutuskan kuliah.Jika Anda berkuliah untuk mendapatkan keahlian khusus agar siap bekerja, maka pendidikan vokasi adalah pilihan yang tepat buat Anda. Vokasi merupakan nama lain dari pendidikan D3 (Diploma Tiga).

Ada beberapa alasan mengapa pendidikan vokasi layak untuk menjadi pilihan. Simak beberapa alasannya di sini ya

Lulusan Vokasi Memiliki Kemahiran yang Baik

Para mahasiswa vokasi mendapatkan pelatihan khusus dan terstruktur sesuai dengan jurusan yang diambil. Hampir semua kurikulum dalam pelatihan ini sifatnya praktik. Inilah yang membedakan mahasiswa vokasi dengan mahasiswa S1. Untuk itu, mahasiswa vokasi pun lebih siap untuk mengerjakan hal-hal yang sifatnya teknis dan spesifik dibandingkan anak S1.

Kita ambil contoh mahasiswa S1 Teknik Elektro dan D3 Teknik Elektro. Mahasiswa S1 Teknik Elektro mempelajari berbagai macam teori dan mendalaminya. Namun, mahasiswa D3 Teknik Elektro tidak akan mendalami teori-teori tersebut. Meski begitu mahasiswa D3 Teknik Elektro lebih banyak memraktikkan apa yang diajarkan ketimbang mahasiswa S1.

Itulah alasan mengapa perusahaan lebih suka mencari lulusan vokasi untuk posisi yang membutuhkan praktik kerja langsung. Bahkan, lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk lulusan vokasi cenderung lebih banyak daripada lowongan untuk anak S1 atau strata di atasnya.

Pasalnya, anak-anak vokasi sangat mahir dalam praktik dan bisa langsung mengaplikasikannya di lapangan. Hal ini tentu akan sangat menghemat biaya karena para penyedia lapangan pekerjaan tidak perlu mempersiapkan pelatihan lagi.

Kuliah Vokasi Cukup Singkat
Sering mendengar kasus mahasiswa telat lulus? Kondisi ini agak jarang ditemukan di dalam pendidikan vokasi. Biasanya, mahasiswa terlambat lulus karena dua hal. Pertama, terlalu banyak mengambil mata kuliah di suatu semester. Kedua, terlambat lulus karena skripsi. Seringkali dosen pembimbing tidak kooperatif sehingga skripsi memakan waktu lebih dari satu semester.

Berbagai mata kuliah yang diajarkan di dalam pendidikan vokasi biasanya sudah dipaketkan, sehingga mahasiswa tidak akan kalap mengambil banyak SKS pada satu semester. Selain itu, mahasiswa vokasi hanya diwajibkan membuat laporan praktik atau magang sehingga ia tidak perlu menghabiskan waktu untuk membuat skripsi dan mengikuti sidang. Total waktu yang dihabiskan untuk mengikuti pendidikan ini adalah minimal tiga tahun dan maksimal lima tahun.

Jika Anda mencari sebuah pendidikan dengan gelar yang berkualitas, pendidikan vokasi adalah rekomendasi terbaik. Pilihlah pendidikan vokasi di kampus berkualitas dengan kurikulum teruji seperti LP3I. Tidak hanya cepat, pendidikan vokasi LP3I juga menghasilkan lulusan-lulusan dengan kemampuan yang berkualitas serta siap kerja.

Bisa Melanjutkan ke Pendidikan Sarjana dengan Mudah dan Cepat

Apakah anak vokasi tidak bisa memiliki gelar tinggi layaknya anak-anak di pendidikan akademik? Wah, ini pendapat yang kurang tepat. Nyatanya, anak vokasi bisa mendapatkan gelar yang tinggi dalam kurun waktu cepat, selama mereka mau melanjutkan perkuliahan.

Waktu yang ditempuh para ahli madya untuk bisa mendapatkan gelar sarjana adalah satu setengah tahun sampai dengan dua tahun. Jurusan yang diambil harus relevan dengan jurusan vokasi yang sebelumnya dilewati.

Setelah lulus, status mereka pun sama dengan para lulusan pendidikan akademik. Banyak mahasiswa lulusan vokasi yang bahkan bisa mendapatkan gelar S2 sebelum usia tiga puluh tahun sehingga mereka bisa menjadi dosen.

Selama lulusan vokasi punya kemauan kuat untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang tertinggi, mereka bisa melakukannya, bahkan bisa lebih baik daripada jebolan pendidikan sarjana alias pendidikan akademik.

Dibandingkan gelar sarjana, sebetulnya pendidikan vokasi lebih fleksibel. Anda bisa langsung bekerja di tempat-tempat strategis setelah lulus, atau Anda juga bisa meneruskan pendidikan guna mengasah kemampuan riset. Itulah alasan mengapa ada banyak orang yang mengambil pendidikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

37 − = 30