Apakah Kamu Seseorang Dengan Tipe Skill Generalis Atau Skill Spesialis?

ASMI Citra Nusantara di Banjarmasin

Apakah Kamu Seseorang Dengan Tipe Skill Generalis Atau Skill Spesialis?

Ketika kalian berada di awal karir, kalian akan mempertimbangan jalan mana yang harus kalian ambil dalam lapangan pekerjaan. Di pasar kerja, terbagai jadi dua kategori: tipe pekerjaan dengan Skill Generalis dan Skill Spesialis.

Nah karena itu, apakah kalian harus menggeneralisasi dan mengetahui sedikit tentang banyak hal? Atau mengkhususkan diri dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang satu bidang saja? Yuk kita cari tahu apa sih bedanya Skill Generalis dan Skill Spesialis!

Generalis

Generalis adalah seorang yang mengerti akan banyak hal tetapi tidak mengerti hal-hal tersebut secara lebih spesifik. Istilah generalis merujuk pada orang yang menjalankan profesi yang bersifat “umum” dalam arti mengerjakan sejumlah tugas, bukan hanya satu. Tipe orang seperti ini tidak memerlukan analisa terhadap suatu pengetahuan.

Seorang generalis, dengan pengetahuan tentang berbagai masalah, dapat melihat lebih di dalam keterkaitan ini dan menemukan solusi yang mungkin tidak dapat dilihat oleh spesialis. Semua departemen berbeda dalam suatu lapangan kerja terhubung satu sama lain. Seorang generalis dapat membantu melihat gambaran yang lebih besar dan menghasilkan ide-ide dan solusi yang menguntungkan secara keseluruhan. Generalis cenderung memiliki keterampilan yang dapat dioperkan dengan mudah. Di tempat kerja yang berubah cepat, keterampilan yang dapat ditransfer menjadi semakin penting.

Spesialis

Spesialis adalah seseorang yang mempunyai keahlian khusus dalam sebuah bidang yang di peroleh dari pelatihan khusus atau pendidikan khusus. Dalam tulisan ini, spesial yang bisa berarti “khusus” dan bisa juga berarti “istimewa” yang dimaksud dengan specialist adalah “khusus” atau spesifik. Orang spesialis mempunyai wawasan yang lebih dia dalami dan pelajari lagi, sehingga dia pun menjadi spesialis dalam bidang yang dia kaji dan pelajari itu.

Spesialis memperoleh pengetahuan dalam bidang khusus mereka, yang sulit didapat dan oleh karena itu posisi spesialis dapat berharga bagi perusahaan. Organisasi sering memiliki beberapa spesialis yang beroperasi di bagian yang berbeda, yang berarti seluruh organisasi dapat mengandalkan keahlian mereka.

Ketika memutuskan antara jalur karir generalis dan spesialis, kalian perlu mempertimbangkan tipe skill apakah kalian sebenarnya. Apa yang kalian cari dari karir kalian?

Jika kalian bersemangat tentang topik tertentu, kalian harus mempertimbangkan untuk mengubahnya menjadi karier. Passion diperlukan untuk sukses dan jika kalian suka belajar lebih banyak tentang topik tertentu, maka jangan takut untuk menjadi ahli dalam hal itu. Di sisi lain, jika kalian memiliki minat yang lebih luas, memulai sebagai generalis dapat menjadi cara yang baik untuk menemukan jalur karier yang kalian inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =